Rakor Pembentukan Pembina Forum KKS, Achmad Awwabin : 7 Tatanan Jadi Perhatian

 


LUWU  -- Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu Bersama Tim Pembina Forum menggelar rapat koordinasi untuk mematangkan kegiatan Verifikasi Tingkat Nasional Kabupaten/Kota Sehat yang digelar pada bulan April Tahun 2021 mendatang.


Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bappelitbangda, Achmad Awwabin sekaligus Ketua Tim Pembina, di ruang rapat Kantor Bappelitbangda, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Rabu (24/2/2021).


Kata Achmad, rapat koordinasi ini membahas terkait Surat Keputusan Bupati Luwu Nomor 432/VIII/2019 tanggal 22 Agustus 2019, tentang Pembentukan Tim Pembina Forum KKS Kabupaten Luwu yang terdiri dari para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan diketuai oleh Kepala Bappelitbangda.


 “Karena adanya perubahan dalam struktur Tim Pembina Forum KKS Kabupaten Luwu maka dipandang perlu untuk melaksanakan rapat agar terjalin komunikasi dan koordinasi antar anggota Tim Pembina. Selain itu, rapat ini terkait persiapan kita menghadapi verifikasi tingkat nasional dalam rangka penilaian Lomba Kabupaten/Kota Sehat”, kata Achmad Awwabin


Semnetara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin, mengungkapkan, keterlibatan Tim Pembina Forum menjadi kunci penting keberhasilan Kabupaten Luwu untuk mencapai predikat Kabupaten Sehat.


“Muara dari lahirnya lomba Kabupaten sehat itu berasal dari bagaimana menilai tingkat keberhasilan kinerja dari Organisasi Perangkat Daerah dalam menjalankan tupoksinya masing-masing sehingga berdampak baik kepada masyarakat. Inilah yang menjadi alasan kenapa Tim Pembina Forum Kabupaten Sehat itu harus terdiri dari Kepala-kepala OPD untuk ikut berperan dalam membina forum KKS dalam mewujudkan kondisi kabupaten bersih, nyaman dan sehat,” ungkapannya.


 7 tatanan atau sasaran yang harus menjadi perhatian bersama, yaitu 1.Tatanan Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, 2. Sarana Lalu Lintas Tertib & Pelayanan Transportasi Umum, 3. Tatanan Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, 4. Tatanan Pariwisata Sehat, 5. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, 6. Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi dan 7.Tatanan Kehidupan Sosial Masyarakat.


“Dinas atau instansi yang berkaitan erat dengan tujuh tatanan tersebut mempunyai peran dan fungsi untuk mewujudkannya menjadi tatanan sehat,” ucap Hayarna.


Dalam Lomba Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021, Kabupaten Luwu menargetkan untuk mencapai predikat Swasti Saba Wistara yang menjadi kategori penghargaan tertinggi dalam penilaian Lomba Kabupaten. 


(*)

Previous Post Next Post