Jumlah Positif Covid-19 di Luwu, Menurun, Masyarakat Mulai Abai Prokes

 



Laporan: Marwan Simalla, Luwu


HNM Indonesia.com, Jumlah warga yang terkonfirmasi covid-19 di Luwu, menurun. Data dari Satgas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Luwu, sampai hari minggu 7 maret 2021, 643 orang positif, 19 meninggal dunia dan satu orang yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.


"Meskipun mengalami penurunan, tapi tidak lantas kita abai menjalankan protokol kesehatan, terutama di tempat keramaian, seperti pasar," kata Amiruddin Alwi, Satgas Covid-19 Kabupaten Luwu, Minggu 7/3/21.


Amiruddin menegaskan, setiap hari utamanya disaat pasar ramai, ada tim Satgas yang turun ke lapangan, memberikan sosialisasi kepada pengunjung dan pedagang, untuk memakai masker dan menjaga jarak. Tim itu kata Amiruddin Alwi, terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP. 


Peringatan atau teguran keras, akan diberikan kepada mereka yang kedapatan tidak memakai masker. Di pintu masuk, juga disediakan wadah tempat mencuci tangan.


Namun, pernyataan Amiruddin ini, bertolak belakang dengan fakta di lapangan. Di pasar sentral Belopa, banyak pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker, terjadi kerumunan dan tidak ada tempat cuci tangan. 


"Sulit pak kalau mau jaga jarak di pasar. Petugas yang datang juga paling hanya sebentar datang  poto-poto untuk dokumentasi dan laporan saja," kata salah seorang warga.(*)

Previous Post Next Post