Diundang Sebagai Khatib, Ini Penjelasan Haris Kulle Mengenai Gerhana Bulan

 



Laporan Arzad, Palopo


HNM Indonesia.com, Salat gerhana digelar di Masjid Agung, Kota Palopo, Rabu malam. Yang Bertindak sebagai imam salat gerhana, H Baharuddin. Salat gerhana dimulai pukul 19.00 Wita. (26/5/2021).


Khutbah sesaat sebelum sholat gerhana disampaikan oleh Ustadz Dr Haris Kulle. Ia menjelaskan tentang maknawi dan hikmah dari terjadinya gerhana.


“Sesungguhnya gerhana bulan itu adalah tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Maka Nabi Muhammad SAW Menyuruh kita untuk bertakbir, salat dan khutbah. Kemudian dianjurkan bersedekah,” Ucap Haris Kulle


Terjadinya gerhana, lanjut Haris Kulle, dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan memurnikan aqidah. 


“Gerhana tidak terkait dengan matinya atau lahirnya seseorang. Tetapi itu adalah tanda-tanda kekuasaan Allah,” Tambahnya


Masih menurut Haris Kulle, adanya kejadian gerhana berkali-kali terjadi adalah tanda-tanda dekatnya hari kiamat. 


“Ini Juga merupakan tanda tanda akan datangnya hari kiamat, Maka perbanyalah bekal kita. Dan bertaubatlah kepada Allah. Jangan pernah merasa puas dengan ibadah. Marilah bersegera mendapatkan ampunan dari Allah,” Tutup Haris Kulle.


Dalam kegiatan salat gerhana ini, dihadiri Ketua MUI Palopo, Zainuddin Samide, pengurus Masjid Agung dan beberapa jajaran pemerintahan kota palopo serta para jamaah Masjid Agung Palopo.(*)

Previous Post Next Post