Rencana Pembangunan Bendungan di Bua, Kadis Pertanian : Kebutuhan Mendesak Bagi Petani


HNMIndonesia.com -- Dinas Pertanian dan PUPR melakukan peninjauan lokasi perencanaan Pembangunan Bendungan Tiromanda Kecamatan Bua Selasa 8 Juni 2021.

Tidak adanya bendungan membuat petani sawah kewalahan karena terkendala pada masalah air, pembangunan bendungan itu bertujuan untuk megairi area persawahan seluas 300 H.A yang berada di Desa Tiromanda dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pertanian Albaruddin A. Picunang, SP, M.Si dan Kabid PSDA Dinas PUPR Hendra, ST, didampingi Kabid Tanaman Pangan Islamuddin, SP, M.Si dan Pimpinan BPP dan Penyuluh  Kecamatan Bua mengatakan jika pembangunan bendungan di Desa Tiromanda ini sangat dibutuhkan oleh petani.

"Dengan tersedianya jaringan irigasi yang baik dari Bendungan tersebut, tentunya membantu dalam program peningkatan produksi padi kita kedepannya" jelas Albaruddin.

Albaruddin mengatakan kalau setelah peninjauan ini selanjutnya  akan diusulkan permohonan bantuan ke pemerintah pusat melalui Dinas PUPR untuk penganggarannya.

"Secepatnya kita akan usulkan, semoga prosesnya lancar dan Bendungan ini cepat terbangun karena bendungan ini adalah hal yang mendesak bagi petani kita" ungkapnya.

Rencanya pembangunan bendungan itu nantinya tidak hanya mengairi Desa Tiromanda tetapi juga akan mengairi persawahan ke desa-desa yang lainnya di Kecamatan Bua seperti desa Padangkalua dan Kelurahan Sakti.

Laporan : Marwan Simalla, Luwu

Previous Post Next Post