Bumdes di Luwu Ini, Kelola Emas, Omsetnya Jutaan Rupiah

 



Oleh: Tim HNM, Marwan Simalla

Luwu - Warga Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu memanfaatkan sumber daya alam yang ada di daerahnya. Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Harapan Kita, warga yang tergabung di Bumdes ini mengelola emas di bantaran sungai Kadundung.

Palimpin Ketua Bumdes Harapan Kita mengatakan Bumdes ini mengelola emas setelah mendapat persetujuan dan proses yang panjang dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dia juga mengklaim pengelolaan emas di bantaran sungai, tidak merusak lingkungan karena tidak menggunakan zat kimia berbahaya.

"Saat ini sudah 20 orang warga Desa Kadundung yang bekerja di Bumdes Harapan Kita dan diberikan upah bulanan," kata Palimpin.

Omset puluhan juta yang diperoleh dari mengelola emas itu, sebagian dimasukan dalam kas Bumdes sebagian lagi digunakan untuk biaya operasional. Sementara soal lingkungan  Palimpin memastikan tidak ada masalah karena sudah melalui uji dan tahapan yang panjang sampai izin dari instansi terkait diberikan. Bahkan kata dia, Kementerian lingkungan hidup, memberikan bantuan untuk Bumdes Harapan Kita, alat penyaring pasir. 
Previous Post Next Post