Tak Mampu Beli Seragam, Siswa SMP di Palopo Pakai Celana SD

 



Kamis 16 September 2021/ 13:00 WITA

Oleh : Tim HNM, Indra Gunawan

Palopo - Seorang siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kelurahan Padanglambe, Kecamatan Telluwanua, Palopo, Sulawesi Selatan, terpaksa memakai seragam SD agar tetap bisa bersekolah.

Adalah Ibnu, siswa kelas I SMPN Padanglambe ini, menggunakan celana SD berwarna merah dan baju putih untuk bisa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolahnya pekan lalu.

Penampilan Ibnu yang tidak biasa, jadi bahan tertawaan teman-temannya. Ibnu memakai seragam SD karena tidak punya seragam SMP.

Mukhlis, orang tua Ibnu mengatakan anaknya memang pakai celana SD untuk ke sekolah. Saat itu, pembelajaran tatap muka baru dimulai. "Kan selama covid, anak-anak tidak ke sekolah. Makanya waktu PTM dimulai, yang ada hanya celana SDnya dulu, itulah yang dia pakai ke sekolah," kata Mukhlis, Kamis 16/09/21.

Mukhlis menambahkan dalam sepekan Ibnu hanya dua kali ke sekolah. Dan sekarang anaknya sudah punya seragam SMP lengkap, itupun bekas kakaknya.

"Sekarang sudah pakai seragam bekas kakaknya. Sebenarnya kami mau beli tapi belum punya uang," ujarnya.

Seragam SMP yang dimiliki Ibnu saat ini, seluruhnya adalah bekas kakaknya. Mulai dari sepatu hingga baju batik. Mukhlis menambahkan meski dengan segala keterbatasan, semangat anaknya untuk menuntut ilmu tidak pernah surut. "Tidak ada bantuan dari sekolah atau pemerintah pak. Mungkin juga mereka tidak tahu kondisinya karena anak-anak memang baru masuk sekolah selama covid ini," katanya.


Previous Post Next Post