TNI Salurkan Bantuan Korban Banjir yang Terisolir di Siteba

 


Jumat 24 September 2021/18:31 WITA


Oleh : Indra Gunawan

Luwu, Sulsel - Puluhan Personil TNI dari Koramil Walenrang, menembus jalur ekstrim untuk bisa  menyalurkan bantuan berupa bahan makanan dan pakaian untuk ratusan korban banjir di Desa Siteba, Kecamatan Walenrang Utara.

Komandan Koramil Walenrang, Kapt Inf Agus Purwono bersama personilnya dan relawan se Luwu raya, siang tadi bergotongroyong memperbaiki jembatan gantung yang putus terbawa banjir. Jembatan ini kata Agus, merupakan akses satu-satunya warga di Desa Siteba.

"Diupayakan bisa digunakan, hari ini kita perbaiki menggunakan bambu, minimal bisa dilalui pejalan kaki," kata Agus Purwono, Jumat 24/09/21.






Agus menambahkan masih ada satu dusun di Siteba yang belum dijangkau bantuan. Pihaknya berupaya bisa segera tiba di lokasi itu, besok.

Banjir bandang yang menerjang Walenrang Utara baru-baru ini, menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum, diantaranya dua jembatan gantung di Desa Siteba, serta longsor yang memutus akses ke desa tersebut.

"Tadi kami sudah koordinasi dengan Kepala desanya, Insya Allah besok kami dengan komunitas trail akan ke lokasi yang belum dijangkau," ujarnya.


Sementara Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak mengatakan pihaknya sudah melaporkan peristiwa banjir tersebut ke Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan meminta bantuan logistik untuk warganya yang jadi korban banjir.

"Kami langsung melaporkan ke pak Gubernur dan langsung direspon, Insya Allah bantuan dari provinsi akan segera tiba, kita tunggu Sabtu besok," kata Syukur Bijak.

Dia menambahkan ada beberapa poin penting yang sifatnya harus disegerakan pasca musibah ini. Selain bantuan pangan, juga perlu dilakukan perbaikan saluran air, tanggul untuk sungai Makawa dan perbaikan rumah warga yang rusak.

"Termasuk jembatan di Salutubu, tiang penyanggahnya terancam rubuh, kalau ini putus, maka akan berdampak pada arus lalulintas karena ini jalan nasional," katanya.

Pemerintah Kabupaten Luwu lanjut dia, akan segera berkoordinasi dengan Balai Besar jalan dan Jembatan terkait hal tersebut.


Previous Post Next Post