Angin Puting Beliung di Luwu, 45 Rumah Rusak, 180 Orang Mengungsi

 


Sabtu 08 Januari 2022/ 21:30 WITA


Oleh: Marwan Simalla

Luwu, Sulsel - Angin puting beliung menerjang tiga desa di kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu petang tadi sekira pukul 16:30 Wita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu mencatat 45 rumah rusak berat dan ringan, sementara 180 orang terpaksa mengungsi.

Sekretaris BPBD Luwu, Aminuddin Alwi mengkonfirmasikan 180 orang yang jadi korban angin puting beliung mengungsi ke rumah keluarga terdekat, sebagian lagi mengungsi ke kantor desa.

"45 rumah di tiga desa di Kecamatan Bua porak poranda akibat angin puting beliung. Hasil pendataan kami di lapangan 45 rumah rusak berat dan ringan," kata Aminuddin Alwi, Sabtu (08/01/2022).

Dia menambahkan selain merusak puluhan rumah, angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang dan menimbulkan kemacetan panjang jalan trans sulawesi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta.

Kepala Dinas Penataan ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu, Sofyan Thamrin mengatakan tim tekhnisnya akan turun melakukan pendataan rumah warga yang rusak.

"Besok tim tekhnis kami akan melakukan pendataan dan sesegera mungkin melakukan perbaikan rumah penduduk yang rusak," kata Sofyan Thamrin.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang diagendakan mengunjungi pengungsi korban angin puting beliung di Kecamatan Bua, Minggu besok.



Previous Post Next Post