Imam Masjid Meninggal Dianiaya, Saksi: Almarhum Saya Dapati Sudah Tergeletak tak Berdaya

 


Selasa 04 Januari 2022/ 14: 44 WITA


Oleh: Marwan Simalla

Luwu, Sulsel- Sudirman, saksi mata yang pertama kali menemukan Yusuf Katobi (72) imam masjid yang meninggal dianiaya mengungkap sejumlah fakta saat menemukan korban dalam kondisi kritis di teras masjid Al Ikhwan Senga, Belopa.

Sudirman menceritakan saat itu dia menuju masjid untuk menunaikan salat subuh berjamaah. Sudirman kaget melihat korban sudah tergeletak berlumuran darah di teras masjid. Dia kemudian mendekati korban dan berusaha memberikan pertolongan. "Awalnya saya tidak kenal, karena wajahnya sudah benjol dan berlumuran darah. Saya sempat tanya, tapi hanya dijawab dengan isyarat tangan, sudah tidak bisa bicara," kata Sudirman, Selasa (04_01/2022).

Setelah memastikan korban adalah imam masjid, Sudirman kemudian bergegas mencari bantuan dan mendatangi rumah korban yang berjarak beberapa meter dari Masjid. Sudirman lalu berteriak minta tolong warga dan keluarga almarhum langsung berdatangan.

"Warga dan keluarga korban kaget, saya kemudian menyampaikan peristiwa itu. Kami kemudian beramai-ramai datang ke masjid lalu menghubungi ambulance. Korban lalu dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulance," katanya.

Akibat luka serius yang dialami korban, nyawanya tidak tertolong. Pukul 08:00 WITA, korban dinyatakan meninggal dunia.

Di mata Sudirman, almarhum adalah pribadi yang sangat baik dan tidak pernah meninggalkan salat lima waktu berjamaah. Bahkan jika ada undangan aqiqah atau pesta pernikahan kata Sudirman, almarhum Yusuf tidak akan hadir jika di lokasi undangan tidak ada masjid.

"Seperti itu, almarhum tidak akan hadir kalau di tempat undangan tidak ada masjid dekat. Almarhum sangat menjaga salat berjamaahnya," ujarnya.

Sebagai sahabat yang sangat dekat dengan almarhum, Sudirman sangat terpukul dan kehilangan sosok orang tua yang sering berbagi. Almarhum juga tidak pernah berselisih paham dengan jemaah di masjid Al Ikhwan Senga.

"Almarhum berpulang dihari yang baik, meninggalnya juga Insya Allah Syahid karena dalam perjalanan menuju masjid, mempersiapkan salat subuh, husnul khotimah," ujarnya.


Previous Post Next Post