Ribuan Lalat Hitam Serbu Permukiman, Warga Menderita Diare dan Sakit Perut

 



Minggu 16 Januari 2022/ 15:02 WITA

Oleh: Andi Makkasau

Luwu Timur, Sulsel - Ribuan lalat hitam menyerbu permukiman penduduk di Desa Balaikembang, Kecamatan Mangkutana, Sulawesi Selatan. Serbuan lalat ini menyebabkan warga, utamanya balita dan anak-anak menderita sakit perut dan diare.

Astan Yusuf, warga mengatakan serbuan ribuan lalat ini diduga berasal dari kandang ayam potong atau pedaging yang berada tak jauh dari permukiman penduduk. Setiap kali selesai panen, rumah penduduk akan dihinggapi ribuan bahkan jutaan lalat diduga dari kandang yang sudah kosong.

"Anak-anak kami menderita diare dan sakit perut. Ini disebabkan banyaknya lalat yang hinggap di makanan dan minuman kami," kata Astan Yusuf, Minggu (16/01/2022).

Masalah kandang yang berada dekat permukiman kata Astan, sebenarnya sudah sering dikeluhkan warga, karena menimbulkan aroma tak sedap, polusi suara, dan serbuan lalat setiap kali selesai panen. "Sehingga kami meminta instansi terkait untuk turun melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah kandang ini memenuhi syarat untuk beroperasi," ujarnya.


Previous Post Next Post