Miris..!! Dua Orang ODGJ di Palopo Dipasung Selama Puluhan Tahun

 



Kamis 24 Maret 2022/ 10:58 WITA

Oleh: Adi Barapi

Palopo, Sulsel - Dua orang penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terpaksa harus dipasung dalam kurun waktu yang cukup lama karena ditakutkan menganggu orang lain. Kedua warga yang dipasung keluarganya itu, berada di Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat dan satu lagi di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Utara.

"Iya perkiraannya begitu, dipasung sejak masih sekolah di SMP, informasi dari keluarganya terpaksa dipasung karena sering merusak atau melempar rumah. Sementara yang satunya lagi sudah usia lanjut, itu di wilayah Kelurahan Pontap," kata Hawa, Kepala bidang rehabilitasi sosial, Dinas Sosial Kota Palopo, Kamis (24/3/2022).

Hawa menambahkan Dinsos dan Dinas Kesehatan sedang mengupayakan agar warga tadi bisa dibawa ke RSJ di Makassar. "Kami sudah tawarkan itu ke keluarganya. Nanti mereka musyawarah dulu, jika bersedia langsung kami jemput bawa ke Makassar," kata Hawa.

Warga penderita ODGJ tadi kata Hawa, masih bisa disembuhkan jika diberi asupan obat secara rutin dan diberikan bimbingan.

"Kami sampaikan pada keluarganya agar rutin diberi obat. Karena hasil asesment kami anak ini masih bisa sembuh jika lingkungan terdekatnya care," ujarnya.

Sementara Ica, bidang kesehatan jiwa, Dinas Kesehatan Kota Palopo mengatakan penderita gangguan jiwa yang dipasung di Palopo saat ini berjumlah dua orang.

"Satunya lagi di wilayah Kelurahan Pontap. Sudah pernah kami kunjungi dan akan terus kami dampingi," kata Ica, Dinkes Palopo.

Previous Post Next Post