Ribuan Mahasiswa Tana Luwu Turun Aksi 11 April, Ini Tuntutannya

 



Minggu 10 April 2022/ 16:24 WITA


Oleh: Ibnu-Andi Makkasau, Marwan


Palopo, Sulsel - Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di empat Kabupaten di Tana Luwu, akan melakukan aksi unjukrasa serentak Senin 11 April besok.


Kota Palopo


Di Palopo, diperkirakan ada 3000 massa dari aliansi kampus se Kota Palopo akan mengepung Kantor DPRD Kota Palopo. Tuntutannya ialah evaluasi menteri kabinet indonesia maju, tolak pembangunan infrastruktur IKN serta menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).


Masamba, Luwu Utara


Aksi serupa juga akan berlangsung di Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Rakyat (Amara) akan melakukan aksi di monumen Masamba Affair. Tuntutannya sama, menolak kenaikan harga BBM, penolakan penundaan pemilu serta kelangkaan minyak goreng.


Malili, Luwu Timur


Sementara di Malili, Kabupaten Luwu Timur, dikabarkan pula ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa, Pemuda, dan Rakyat (GEMPAR) akan mengepung Kantor DPRD. 


Mereka akan berkumpul di traffic light Jalan trans Sulawesi, Malili, kemudian bergerak menuju kantor DPRD untuk menyampaikan poin-poin tuntutan.


Menurut salah satu mahasiswa yang juga ketua Himpunan Mahasiswa (HAM) Lutim, Warka Sultani mengatakan, gerakan besok mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa, Pemuda, dan Rakyat (GEMPAR), ungkapnya, Minggu (10/04/2022).


"Titik aksi diawali di traffic light kemudian bergerak menuju kantor DPRD untuk menyampaikan tuntutan," sambungnya lagi.


Adapun tuntutan aksi, menolak wacana penundaan Pemilu dan 3 periode Jokowi, stabilitas harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok, tuntaskan konflik agraria yang terjadi di Indonesia, tolak kenaikan PPN serta tuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia, tambahnya.

Previous Post Next Post