Banyak Karyawan Meninggal, Pemuda Desa Barowa Demo Perusahaan Kayu Lapis

 


Senin 9 Mei 2022/ 11:24 WITA


Oleh: Marwan Simalla

Luwu, Sulsel - Puluhan pemuda Desa Barowa, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, melakukan aksi unjukrasa depan gerbang PT Sumber Graha Sejahtera (SGS). Perusahaan kayu lapis ini didemo warga terkait dugaan pencemaran lingkungan, polusi udara dan polusi laut.

"Kami juga meminta agar perusahaan memperbaiki jalan desa yang rusak akibat kendaraan operasional perusahaan yang keluar masuk, selain itu juga memperhatikan pencemaran lingkungan, udara dan laut akibat limbah perusahaan selama berpuluh tahun," kata Cakrawirawan, koordinator dalam aksi tersebut, Senin (9/5/2022).

Cakra juga menyinggung adanya indisiden kecelakaan kerja yang menyebabkan beberapa orang meninggal dunia. Mereka menyebut, perusahaan lalai menerapkan keselamatan dan keamanan pekerjanya.

"Tuntutan kami adalah perusahaan wajib menerapkan secara ketat keselamatan dan keamanan pekerja dan tidak mengabaikan lingkungan. Buruknya lingkungan menyebabkan hasil tangkapan orang tua kami sebagai nelayan menurun drastis, perusahaan harus bertanggungjawab," ujarnya.

Puluhan pemuda ini terus berorasi depan gerbang masuk perusahaan yang dihaga puluhan security dan personil Polisi dari Polres Luwu dan Polsek Bua.

Perwakilan pemuda desa Barowa ini kemudian diminta menemui managemen perusahaan untuk berdiskusi.


Previous Post Next Post