Distan Luwu Sasar Peternak, Sosialisasi Bahaya PMK

 


Rabu 18 Mei 2022/ 10:40 WITA


Oleh: Adi Barapi


Luwu, Sulsel - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menyasar sejumlah peternak untuk mensosialisasikan bahaya virus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK pada ternak sapi.


"Kemarin kami sudah kunjungi beberapa kandang sapi dan memberikan sosialisasi pada peternaknya akan bahaya virus PMK kami juga berharap peternak kita bisa mengenali ciri-cirinya," kata drh Jumardin, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Luwu, Rabu (18/5/2022).


Jumardin menambahkan selain pengawasan lalu lintas ternak, juga perlu sosialisasi tentang PMK terutama ke peternak, pedagang.


"Yang paling penting sebetulnya adalah supaya kita tidak kebobolan, sulsel harus ditutup dulu terhadap pemasukan ternak dari luar sampai keadaan betul-betul sudah aman," ujarnya.


Tim dari dinas pertanian, yang dipimpin, Alimus, kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan, Selasa kemarin, mendatangi peternak sapi di Desa Lampuara, Ponrang Selatan bersama personil Polres Luwu dan aparat desa ponrang selatan


Walaupun sampai hari ini belum ditemukan adanya ternak yang tertular virus PMK, namun Distan Luwu, terua mengedukasi peternak akan bahaya penyakit ini.

Previous Post Next Post