Harga Cabai Anjlok, Pedagang Mengeluh


 

Kamis 12 Mei 2022/ 08:30 WITA


Oleh: Ervina 

Luwu, Sulsel - Harga cabai di pasar sentral Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, turun drastis. Satu kilogram cabai saat ini dijual dikisaran harga Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu/ kilogram.


Harga ini menurut sejumlah pedagang di pasar, turun drastis jika dibandingkan harga sebelumnya yang mencapai Rp 80 ribu/kilogramnya.


"Turun drastis. Peminatnya juga kurang, kalaupun ada yang beli ya paling banyak satu liter," kata Andi Anton, pedagang cabai di pasar sentral Belopa, Kamis (12/5/2022).


Anjloknya harga cabai ini kata Andi Anton, berdampak buruk pada pendapatan mereka. Bahkan ada pedagang cabai, yang stok cabainya tinggal membusuk karena tidak laku terjual.


"Ya solusinya harus dijual dibawah harga eceran, daripada rugi banyak," ujarnya.


Jika harga cabai dalam kurun waktu sebulan ini mengalami penurunan, namun harga tomat justru sebaliknya. Harga bumbu dapur satu ini justru mengalami kenaikan. Meskipun kenaikannya tidak signifikan, namun pedagang mengaku bisa menutupi kerugian dari anjlokya harga cabai dari mahalnya harga tomat.


"Kalau tomat alhamdulillaah sedikit ada kenaikan harga. Sekarang kami jual Rp 8ribu sampai Rp 10ribu/kilogramnya. Permintaan juga lumayan banyak," ungkapnya.



Andi Anton memprediksi, harga cabai ini akan kembali naik menjelang hari raya idul adha nanti. Di mana saat itu, jumlah permintaan akan meningkat drastis.






 

Previous Post Next Post