Tanggapi Soal Rampi Ingin Pisah Dari Sulsel, Gubernur: Kenapa tidak Sekalian Keluar dari Indonesia?


 

Jumat 13 Mei 2022/ 23:32 WITA


Oleh: Adi Barapi


Luwu Utara, Sulsel - Gubernur Sulawesi Selatan, Sudirman Sulaiman membuat pernyataan yang mengejutkan saat membawakan sambutan pada hari ulang tahun kabupaten Luwu Timur, di Malili, Kamis (12/5/2022).


Sudirman Sulaiman, menyampaikan sambutan dan ditayangkan secara live di kanal yotube Pemkab Luwu Timur. Di atas podium, Sudirman mengaku sempat menanyakan ke Pemda Luwu Utara, soal keinginan masyarakat Rampi, yang ingin keluar dari kabupaten Luwu Utara dan bergabung ke Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.


"Katanya ada yang mau keluar dari Sulawesi Selatan ini? Kenapa tidak sekalian keluar dari indonesia, gitu kan?

Kita bukan tidak mau bangun, tidak. Kenapa, panjangnya kita tentu bertahap, kemampuan keuangan wilayah ini tidak sekuat yang kita pikirkan," kata Sudirman Sulaiman.


Pada bagian lainnya, Sudirman melanjutkan bahwa jika dikalkulasi, jarak ke Rampi itu mencapai 80 kilometer.


"Kalau ke Rampi itu kali kalinya sekitar 80 kilo, saya sudah cek. Kalau anggaran kita kasi ke teman-teman TNI untuk buka akses saja, tapi tunggu dulu pak, rintisan jalan daerah lain oke, tapi kalau di Rampi, buka satu kilo tertutup satu kilo," ujar Sudirman.


Potongan video sambutan Sudirman Sulaiman ini kemudian tersebar dan mendapat beragam komentar. Abdul Asiz, salah seorang pemerhati sosial media, menyayangkan komentar Gubernur tersebut, apalagi disampaikan pada forum resmi.


"Ini bukan warung kopi, ini forum resmi loh. Perkataan pak Gubernur ini menurut saya kurang tepat, apalagi ini terkait keluhan warganya yang memang sudah puluhan tahun merindukan akses jalan yang bagus," kata Abdul Asiz. 

Previous Post Next Post