Penderita DBD di Luwu Meningkat, Ada yang Meninggal Dunia

 





Selasa 3 Januari 2023/ 13:10 WITA

Oleh: Tim Tvone, Haswadi

Luwu, Sulsel - Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan.

Penderita DBD ini sudah ditangani dan dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru, Belopa.

"Satu orang di Desa Cimpu, meninggal dunia. Gejala awalnya diare, tapi setelah diperiksa lanjutan juga positif DBD, Pasien yang meninggal ini bayi 3 tahun," kata Basuki Kepala bidang penanggulangan penyakit menular, Dinkes Luwu, Selasa (3/1/2023).

Basuki mengakui adanya peningkatan penderita DBD pada Desember 2022 lalu, tapi beberapa orang diantaranya sudah sembuh dan telah dilakukan fogging.

Adapun dr Daud Mustakim, Direktur RSUD Batara Guru, Belopa mengatakan total pasien DBD yang dirawat sampai Desember 2022 mencapai 14 orang.

Untuk Januari 2023 ini masih nihil belum ada laporan, yang ada hanya case Desember 2022 itu 14 orang totalnya," kata dr Daud.

Meningkatnya penderita DBD di Kabupaten Luwu, disebabkan perubahan cuaca. Ini menyebabkan berkembangnya nyamuk aedes aegypti, atau nyamuk pembawa virus denguen, penyebab penyakit demam berdarah.

Previous Post Next Post