RSUD Batara Guru Siap Hadapi Lonjakan Pasien Penyakit Musiman Pasca Lebaran

 



Rabu 26 April 2023/ 09:23 WITA


Oleh: AS Anugrah


Editor: Adi Barapi


Luwu, hnmindonesia.com - Pasca lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Rumah Sakit Batara Guru Belopa Kabupaten Luwu, terlihat sibuk dengan banyaknya  pasien yang masuk di UGD, terlihat diruang UGD perawat dan dokter disibukkan dengan penanganan pasien 


Dari data pasien yang berhasil dihimpun dari pihak RSUD Batara Guru sejak cuti lebaran dari tanggal 19 April sampai tanggal 25 April 2023 sebanyak 292 orang, Untuk rawat inap dengan fasilitas JKN sebanyak 222 umum 13 orang sementara untuk rawat jalan dengan fasilitas JKN ada 51 orang dan umum sebanyak 6 orang 


Dari data tersebut diatas menunjukkan bahwa lonjakan pasien yang tidak begitu signifikan, namun pihak Rumah Sakit Umum  sudah mempersiapkan menghadapi lonjakan pasien penyakit musiman itu.


“Insya Allah kami siap jika terjadi lonjakan pasien pasca lebaran ini” ucap Direktur RSUD Batara Guru dr. Daud Mustakim, M. Kes.


Dari keterangan Dirut Rumah Sakit Batara Guru, dr. Daud Mustakim menyampaikan kesiapan RS. Batara Guru  mengahadapi lonjakan pasien dengan mempersiapkan jumlah tempat tidur rawat inap sudah 240 ruangan, dan fasilitas yang biasa susah adalah ketersedian oksigen, namun kami sudah punya 2 mesin produksi oksigen, obat dan bahan medis lainnya untuk saat ini, stok cukup.


“Pasca lebaran biasa banyak pasien karena perubahan pola makan yang menyebabkan banyak pasien Muntah, Diare, Hipertensi, dan  kelelahan karena perjalanan” ucapnya.

Previous Post Next Post