Terjangkit Virus ASF, Ribuan Babi di Luwu Timur Mati

 


Kamis 12 Mei 2023/ 20:55 WITA


Oleh: Tim HNM, Andi MK

Editor: Adi Barapi

Luwu Timur, hnm.com - Virus ASF atau African Swine Fever (ASF) membunuh ribuan ternak babi di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Virus asal Afrika ini menular sangat cepat dan mematikan.

"Penyebab kematian ternak babi ini sudah terdeteksi. Positif virus ASF," kata Amrullah, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Luwu Timur, Kamis (12/5/2023).

Amrullah menambahkan bentuk akut virus ASF ini ditandai demam tinggi, depresi, kehilangan nafsu makan, pendarahan di kulit dan diare. Ternak babi yang tertular virus ini akan mati dalam waktu 6 -20 hari.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur saat ini kata dia, sudah mengeluarkan imbaun pada peternak agar tidak menerima atau membawa keluar ternak babi dari Luwu Timur.

"Pengawasannya kita perketat dan staf kita sudah turun ke lapangan bersama dokter hewan," ujarnya.

Sementara Slamet, peternak babi di Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, mengatakan ada ribuan ternak babi yang mati akibat virus ASF.

Ternak babi miliknya setiap hari mati 10 sampai 12 ekor. Hal serupa juga dialami peternak lain di desanya.

"Virus ini sudah sebulan lalu menyerang ternak kami, dan kami berharap ada penguatan mental dari pemerintah karena tidak main-main kerugian finansial yang kami alami," kata Slamet.

Slamet menambahkan, ternak babi miliknya sebanyak 170 ekor saat ini tersisa beberapa ekor saja. Di desanya rata-rata warga punya ternak babi dan terancam mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

"Bangkai ternak babi saya dibakar atau dikuburkan, saya tidak tahu peternak mana yang buang bangkai babinya ke sungai," kata Slamet.



Previous Post Next Post