PT MPA Klaim Sukses Terapkan Pupuk Organik Biowin ke Petani, Kini Panen Raya

 







Senin 27 November 2023,  15:23 WITA

Oleh: Indra Guunawan

Luwu Timur, hnmindonesia.com - PT Mandiri Palmera Agrindo (MPA) mengklaim sukses mengedukasi petani menggunakan pupuk organik biowin. Pupuk organik biowin ini sudah banyak dimanfaatkan petani di Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Pengaplikasian pupuk organik biowin ini juga, mampu menekan ketergantungan petani pada pupuk kimia. Hal itu terungkap saat pesta panen raya di Desa Patengko, Kecamatan Tomoni, Minggu (27/11/2023).

"Namun seiring berkembangnya waktu, PT MPA mengembangkan pupuk organik yg dinamai biowin, produk ini diawalai dari tahun 2020, dimana satu-satunya pupuk organik yang diproduksi dan bahan bakunya semua dari wilayah Luwu timur," kata Fredericus D Maturbongs, Dirut PT MPA, 
Minggu (27/11/2023).


Selain bahan bakunya yang mudah diperoleh, produksi pupuk organik biowin juga mempekerjakan warga lokal. Menurut Fredericus, penggunan pupuk biowin tidak hanya pada tanaman padi, tapi juga kejenis tanaman lain, seperti kakao, lada dan tanaman pertanian lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, Amrullah Rasyid mengatakan penggunaan pupuk organik sudah sejalan dengan misi Bupati Luwu Timur, Budiman untuk memajukan pertanian yang berkelanjutan.

"Dan pupuk organik biowin ini memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Pemkab Lutim melalui program pertanian berkelanjutan tahun 2024 mengalokasikan dana Rp 70 miliar untuk mendukung peningkatan mutu pertanian," kata Amrullah Rasyid.

Pemkab Luwu Timur kata Amrullah, mengapresiasi PT MPA karena terus membuat terobosan-terobosan yang membantu pemerintah untuk meningkatkan produktifitas Pertanian.

Previous Post Next Post