Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Pilpres Dijaga Puluhan Polisi, Kapolres: Petugasnya Digeledah

 




Senin 8 Januari 2024, 14:23 WITA


Oleh: Tim HNM, Marwan Simalla


Editor: Adi Anugrah


Luwu, hnmindonesia.com, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI).


Proses lipat surat suara ini dikawal 24 Polisi yang disebar di tiga gudang tempat surat suara dilipat.


Kepala Kepolisian Resort Luwu, AKBP Arisandi mengatakan setiap gudang ditempatkan delapan orang polisi, terdiri dari Polwan dan Polisi berpakaian sipil atau pengamanan tertutup.


"Delapan personil pada masing-masing lokasi gudang logistik KPU, jadi total 24 personil di setiap lokasi. Terdiri dari personil pengamanan tertutup dan pengamanan terbuka (berseragam) termasuk Polwan guna membantu geledah badan petugas sortir dan lipat kertas suara yang mayoritas perempuan," kata AKBP Arisandi, Kapolres Luwu, Senin (8/1/2024).


Arisandi menambahkan, pihaknya bersama PJU Polres Luwu dan pihak terkait lainnya sudah berkeliling memantau proses sortir dan lipat surat suara tersebut.


"Kita menjamin keamanan selama proses sortir tersebut dan petugas lipatnya kita geledah," ujarnya.


Arisandi meminta masyarakat Kabupaten Luwu, bisa tetap menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing, utamanya di tahun politik ini.


Dia juga menegaskan akan menindak tegas personilnya jika terbukti tidak netral.


Adapun Ketua KPUD Kabupaten Luwu, Abdullah Sappe Ampin Maja mengatakan sebanyak 272.875 surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden, disortir dan lipat serta

272.875 surat suara calon anggota DPD-RI.


"Estimasinya selesai paling lambat Rabu lusa, setelah itu kita akan jemput surat suara calon anggota DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di Makassar, rencananya tanggal 10 Januari ini," kata Abdullah Sappe Ampin Maja.


Proses sortir dan lipat surat suara ini kata Abdullah Sappe melibatkan 240 orang pekerja yang didominasi perempuan.(Has/).

__________________



Previous Post Next Post