Pascabencana di Lamasi Timur, Dinas Perkim mulai Mendata Rumah Rusak

 


Laporan: Ady CM, Luwu


HNM Indonesia.com ,
Pascabencana angin puting beliung yang menerjang empat desa di Kecamatan Lamasi Timur, Selasa lalu, Pemerintah Kabupaten Luwu, mulai mendata rumah warga yang rusak.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Luwu, Sofyan Thamrin beserta jajajarannya melakukan kunjungan langsung ke lokasi bencana Angin Puting Beliung, di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Selasa, 16 Februari 2021.

Angin puting beliung yang melanda Desa Salupao, dan Desa Bulilondong, Kecamatan Lamasi Timur, terjadi pada Senin, 15 Februari 2021, kemarin sekitar pukul 13.00 WITA.

Dalam kunjungannya, Kadis Perkim Luwu, Sofyan Thamrin, melihat langsung rumah warga yang tersapu oleh Angin Puting Beliung sekaligus melakukan pengumpulan data rumah yang ditimpa musibah itu, serta secepatnya melakukan koordinasi kepada pemerintah setempat.

"Sesuai data yang kami peroleh, kerusakan rumah terjadi di Desa Salupao sebanyak 78 unit rumah terdampak. Masing-masing 26 unit kondisi rusak berat, 52 unit rumah kondisi rusak ringan. Di Desa Bululondong 1 unit rumah kondisi rusak berat, 9 unit dalam kondisi rusak sedang dan Desa To Lemo terdapat 2 unit rumah terdampak dalam kondisi rusak ringan," kata Sofyan.

Sopyan Thamrin juga mengatakan kalau, tim teknis dari Perkim sudah turun melihat langsung kondisi semua rumah warga yang terkena Angin Puting Beliung. Setelah semua rampung Pemda akan berikan bantuan untuk pembuatan atau perbaikan rumah bagi yang terdampak, sesuai dengan tingkatan kerusakannya.

"Itu perintah Bupati, jangan sampai ada korban yang luput dari bantuan makanya kita turun langsung untuk memantau" ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Sekda, Dinsos, dan BPBD, menyalurkan bantuan logistik untuk korban yang terdampak bencana.

Bantuan logistik diserahkan langsung oleh Pj Sekda Luwu Sulaiman, Bantuan yang disalurkan langsung berupa bahan makanan diantaranya beras, mie instan serta air mineral. Selain bantuan logistik Pemkab Luwu juga membuka Dapur Umum.

Sulaiman, mengatakan bantuan yang disalurkan ini instruksi langsung Bupati Luwu, Basmin Mattayang, ke Dinas terkait untuk memberikan bantuan awal.

"Sesuai perintah Bupati Luwu, kepada Sekda, dan Dinas terkait, untuk turun langsung ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan guna meringankan beban keluarga yang terdampak bencana," ujarnya. (*)
Previous Post Next Post