Kondisi Rumah Tak Layak Huni, Ibu Ini Butuh Uluran Tangan


Laporan Arzad, Palopo

PALOPO, HNMIndonesia.com --- Berbagai bentuk permasalahan sosial dirasakan oleh beberapa masyarakat kota Palopo hari ini. Mulai dari anak-anak, usia dewasa sampai Lansia itu sendiri.


Apa lagi jika Mengingat, bahwa Masa Pandemi Covid-19 Belumlah berakhir yang juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan sejumlah masyarakat kehilangan lapangan pekerjaan dan mengharuskan beberapa masyarakat tersebut merintis usahanya sendiri.


Sahmin (70), warga Kelurahan Salobulo, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo yang kesehariannya berprofesi sebagai Penjual jagung keliling, saat ditemui Nampak Terlihat Kondisi Rumah yang begitu memprihatinkan.


Rumah yang Menjadi tempat tinggal bersama satu orang anaknya itu terlihat rusak berat dan kurang layak huni.


Rumah non permanen ukuran 5x7 meter miliknya tersebut nampak hanya beratapkan terpal dan terdapat lubang besar di beberapa sisi.


Adapun 2 lembar gedek dan beberapa papan berukuran kecil yang telah lapuk, ditempel menjadi dinding darurat.


Saat malam tiba atau ketika hujan turun, tak banyak yang bisa mereka lakukan selain merasakan kedinginan setiap hari.


Saat ditanya aktifitas hariannya, Sahmin menerangkan tiap harinya menjual jagung rebus keliling. 


Diketahui pula melalui Kunjungan yang dilakukan oleh awak media Ibu Sahmin juga berprofesi sebagai tukang pijat ibu-ibu di sekitar rumahnya. 


"Selain menjual jagung keliling nak, biasa k juga pergi pijit ibu-ibu disekitar sini, biasa juga mereka yang datang kemari," Ucapnya


Hal tersebut dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta membiayai anaknya yang sementara melanjutkan pendidikannya di tingkat SLTP.


"Cuma itu ji saya kerja nak, saya pake makan dan kasi sekolah anak ku yang masih SMP," Tambahnya


Saat ditanya persoalan bantuan dari pemerintah, Sahmin menerangkan bahwa dirinya hanya mendapat bantuan berupa papan


"Kami hanya dapat bantuan beberapa lembar papan, selain itu belum ada sampai sekarang ini," Lanjut Ibu Sahmin


Dirinya Berharap Agar pemerintah tergerak hatinya untuk merenovasi Rumahnya agar bisa menjadi Rumah yang layak Huni bagi dirinya dan anaknya yang masih duduk di bangku SMP.

Previous Post Next Post