Berdayakan Petani Kakao, Kadistan Luwu, Berharap Ekonomi Masyarakat Tumbuh Baik

  




Laporan: Nurfauzan, Luwu


HNM Indonesia.com
, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Albaruddin Andi Picunang, bersam sejumlah stafnya, melihat langsung proses pengeringan biji kakao di desa Komba, Kecamatan Larompong, Rabu 14/04/21.



Di desa Komba, rombongn dinas pertanian, mengunjungi Gapoktan Reso Pammase. Gapoktan ii mengola biji kakao menjadi cokelat setengah jadi. Dalam sebulan, mampu memproduksi 120 kilogram kakao olahan.





Menurut Albaruddin, melalui pemberdayaan kelompok tani, diharapkan produksi hasil pertanian petan akan terus mengalami peningkatan.


“Disadari bahwa banyak kelembagaan tani yang kurang bahka tidak berfungsi sesuai harapan sehingga memerlukan adanya pengawalan dan pendampingan sebagai wujud pemberdayaan agar mampu meningkatkan peran dan fungsinya sebagai kelas belajar, wahana kerjasama dan sebagai unit produksi sebagaimana yang sudah dilakukan selama ini,” kat Albaruddin, Kamis 15/04/21.


Selain memberikan pendampingan pada petani kakao, Dinas pertanian Luwu juga melakukan pendampingan pad petani nilam di seluruh wilayah di Luwu. (*)
Previous Post Next Post