Ada Masjid di Tengah Ladang Perkebunan Masyarakat Malangke Barat

 


Laporan Arzad, Luwu Utara

LUWU UTARA, HNMIndonesia.com --- Banjir Bandang yang melanda kabupaten Luwu Utara Beberapa Tahun yang lalu menyisahkan banyak duka masyarakat yang kehilangan sanak saudaranya dan tempat tinggal mereka.


Banjir tidak hanya memberi dampak di daerah masamba saja, namun beberapa daerah lain di Luwu Utara ikut terdampak seperti halnya Malangke Barat.


Nampak bangunan Rumah ibadah Masjid Al-Mujahidin yang kini kurang terurus dikarenakan masyarakat setempat berpindah ketempat lain, khawatir apa bila datang banjir susulan melanda kabupaten Luwu Utara.


Masjid tersebut terletak di Desa Wara dusun Layar Putih Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara dengan Luas Bangunan Sekitar 10x5 Meter persegi.


Menurut informasi dari salah satu warga atas nama Miswar, Sebelum banjir bandang yang melanda kabupaten Luwu Utara, Daerah tersebut sudah sering menjadi langganan banjir diwaktu curah hujan.


Akibatnya penduduk setempat berpindah ketempat lain, guna menghindari Luapan Air yang sewaktu-waktu datang apa bila curah hujan meningkat.


"Sudah lama mi na kenna banjir ini, sebelum itu banjir bandang di Luwu Utara," Ucapnya


Kondisi bangunan tersebut sudah terlihat rapu, nampak dinding-dindingnya yang terbuat dari papan kayu.


"Sudah agak rapuh mi, karena sudah jarang ditempati. itu ditempati kalau ada orang pergi kebun atau pulang dari kebun, na tempati untuk shalat." Tambahnya


Miswar yang juga merupakan penyuluh agama Islam, Prihatin melihat kondisi Masjid yang kurang terurus tersebut dengan melihat kondisi masjid yang kurang terurus.


"Sebenarnya prihatin lihat kondisinya, tapi mau diapa lagi kalau masyarakat sudah tidak ada yang menetap disini karena kalau hujan naik itu air dirumahnya masyarakat jadi berpindah ke tempat yang lebih aman." Lanjut Miswar


Selanjutnya Miswar berpesan kepada seluruh masyarakat agar hendaknya meramaikan masjid dengan beribadah.


"Pelajaran sebenarnya ini, apa lagi kita sebagai umat Islam dan sebagai seorang laki-laki, sangat perlu kita makmurkan yang namanya masjid karena hukum Laki-laki shalat berjemaah itu sendiri adalah sunnah Muakkad, jadi sangat ditekankan kalau tidak ada halangan." Harapnya


Kini Masjid tersebut hanya dibiarkan kosong   dengan kondisi bangunan yang sudah mulai rapuh.

Previous Post Next Post