Dinas Perkim Luwu Catat 5.013 KK Belum Punya Rumah, Larompong Terbanyak

 


Rabu 22 September 2021/ 12:37 WITA


Oleh : Tim HNM, Marwan

Luwu - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu mencatat masih terdapat 5.013 Kepala Keluarga di Kabupaten Luwu, belum memiliki rumah dan masih menumpang di rumah orang tuanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu, Sofyan Thamrin mengatakan hasil pendataan lapangan tahun 2021 ini, tercatat 5.013 Kepala Keluarga belum memiliki rumah tempat tinggal.

Jumlah ini kata Sofyan tersebar di seluruh kecamatan di Luwu. Sementara Kecamatan Larompong tercatat dengan jumlah KK terbanyak belum memiliki rumah.

"Contoh kecilnya ada warga di Desa Balla, dalam satu rumah itu dihuni tiga sampai empat Kepala Keluarga. Sementara jika mereka hanya bergantung pada bantuan pemerintah tentu tidak akan jadi solusi jangka panjang. Yang perlu kita lakukan adalah mencarikan mereka solusi supaya bisa bekerja untuk dapat menafkahi keluarganya," kata Sofyan Thamrin kepada HNM, Rabu 22/09/21.

Meski demikian kata Sofyan, pemerintah sejatinya telah hadir memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat. Baik bantuan rumah layak huni maupun pemenuhan pangan, pendidikan dan kesehatannya.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kata Sofyan, akan langsung merespon ketika ada laporan warga yang rumahnya tidak layak huni. Sehingga dia berharap Pemerintah desa bisa melaporkan jika ada warganya yang rumahnya rusak atau tidak layak huni.



Previous Post Next Post