IPM Kabupaten Luwu Urutan ke 9 di Sulsel, Ini Tiga Indikator Penilaiannya

 


Rabu 22 September 2021/ 11: 56 WITA


Oleh : Tim HNM, Indra Gunawan

Luwu - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Luwu, tercatat mengalami kenaikan. Angka ini membawa  Kabupaten Luwu berada pada kategori daerah dengan indeks pembangunan manusia yang tinggi.

Abdul Salam, Kepala BPS Kabupaten Luwu mengatakan berdasarkan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2016, Luwu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

"Tahun 2021 ini, IPMnya cukup tinggi. Berada dilevel 70.51.

BPS kata Abdul Salam, melakukan survey lapangan dua kali dalam setahun. BPS melakukan survey skala makro dengan tiga indikator penilaian. Diantaranya sektor pendidikan, kesehatan dan daya belanja.

"Usia hidup masyarakat kabupaten Luwu rata-rata 74 tahun, sementara untuk sektor pendidikan rata-rata sampai 12 tahun. Sementara kemampuan belanja masyarakatnya maksimal 10 jutaan setiap tahunnya," kata Abdul Salam, Rabu 22/09/21.

Dengan IPM 70.51, Kabupaten Luwu berada diurutan ke-9 di provinsi Sulawesi Selatan. Sementara Makasaar sebagai ibukota provinsi berada diurutan pertama menyusul Kota Palopo diurutan kedua.

Sementara untuk tiga kabupaten dan satu kota di Luwu raya, Kabupaten Luwu berada diurutan ketiga setelah Palopo dan Luwu Utara.
Previous Post Next Post