HNM Indonesia

Berita Dalam Genggaman

blog untuk belajar seo dan blog

Tranding


10 October 2021

Bonsai Kelapa, Bernilai Seni Tinggi, Hoby Baru Dimasa Pandemi

 



Minggu 10 Oktober 2021/14:08 WITA

Oleh : Tim HNM, Indra Gunawan

Luwu, Sulsel - Bonsai Kelapa kini banyak digeluti Aparat Sipil Negara atau ASN Pemkab Luwu, Sulawesi Selatan. Adalah Ismail, ASN Bapenda Luwu ini, mengaku tertarik menekuni bongsai kelapa sejak setahun lalu.

Dia menuturkan selain punya nilai seni yang tinggi, bongsai kelapa yang berhasil tumbuh dengan baik, akan indah dipandang mata dan menjadi hiasan rumah atau taman yang cantik.

"Bonsai kelapa melatih kita untuk telaten, sabar dan perlu kejelian. Sebab jika lengah sedikit saja, bisa patah atau tangan kita yang terluka saat merapikan tunasnya," kata Ismail, Minggu 10/10/21.

Selama pandemi dan berlaku aturan Work From Home (WFH) Ismail memanfaatkan waktu luangnya di rumah. Hoby barunya ini selain bisa menghasilkan uang, juga mampu menghilangkan stres akibat pembatasan aktifitas di luar rumah selama pandemi covid-19.




"Perawatannya harus benar-benar dijiwai. Kalau asalan bisa mati. Pokoknya bonsai kelapa ini tantangan tersendiri, apalagi kalau kita beruntung dapat kelapa yang unik atau daunnya albino, nilai ekonominya cukup tinggi, bisa mencapai jutaan rupiah," ujarnya.

Bongsai kelapa jenis albino kata dia, sangat langka dan sulit didapatkan. Ismail memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menggelar puluhan bongsai kelapa miliknya.

Selain Ismail, beberapa orang di kecamatan Suli juga sudah banyak yang menjadikan bonsai kelapa sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Ahyar, juga pebisnis bongsai kelapa mengatakan sudah beberapa tahun ini dia dan beberapa orang rekannya menekuni bonsai kelapa. Dia juga memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk mengembangkan bisnis bonsai kelapa.

"Kalau harga bervariasi. Mulai dari Rp 700 ribu sampai jutaan rupiah. Sebenarnya kalau dibilang sulit tidak juga, mudah juga tidak. Tapi memang butuh kesabaran kalau mau tekuni bisnis ini," kata Ahyar.

Ahyar bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam komunitas bongsai kelapa di kabupaten Luwu, berencana menggelar pameran bongsai kelapa tahun 2022 mendatang. Mereka juga menargetkan bonsai kelapa Luwu, bisa menjadi salah satu tanaman hias yang bernilai ekonomis tinggi.



Newer Post Older Post Home

HNM Indonesia