Harga Cabai di Luwu Melejit, Diprediksi Tembus Angka Ini




Kamis 16 Desember 2021/ 09:40 WITA

Oleh: Marwan Simalla

Luwu, Sulsel - Harga cabai di Luwu, Sulawesi Selatan melejit dari harga sebelumnya Rp 30ribu sekarang naik menjadi Rp 75ribu. Harga ini diprediksi masih akan berubah dan akan menembus angka Rp 100ribu perkilogramnya.

Patema pedagang cabai di Pasar moderen percontohan Belopa, menjelaskan selain harganya selangit, saat ini pasokan cabai dari petani berkurang. Cabai yang dijual di pasaran pekan ini dari petani lokal di Luwu.

"Biasanya kami beli dari pedagang di Enrekang. Tapi sudah dua pekan ini tidak ada masuk. Stoknya memang kurang. Tahun tahun sebelumnya juga demikian," kata Patema, Kamis (16/12/2021).

Karena harganya mahal, pembeli yang didominasi pegusaha rumah makan dan penjual nasi kuning, mengurangi penggunaan cabai. Biasanya mereka membeli dalam takaran liter saja.

Tingginya kebutuhan cabai akan terus meningkat menjelang perayaan natal dan tahun baru 2022. Kondisi ini tidak sebanding dengan ketersediaan cabai di pasaran sehingga memicu mahalnya harga cabai. Harga akan kembali normal di bulan Januari mendatang.


Previous Post Next Post