Peringati HAM, Mahasiswa Makassar Padati Flyover Pettarani

 


Jumat 10 Desember 2021/ 16:00 WITA


Makassar, Sulsel Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Makassar turun jalan memperingati Hari Hak Asasi Manusia - HAM. Mereka menuntut penuntasan sejumlah kasus  pelanggaran HAM di Indonesia, khusus di Sulawesi Selatan. Pendemo HAM memadati flyover Jalan AP Pettarani. 


Pengunjung rasa datang secara bergelombang dari Jalan Urip Sumoharjo dan Pettarani. Sebagian mahasiswa menutup ruas jalan dengan duduk membentuk lingkaran. 


Aksi mahasiswa mendapat pengawasan dan pengamanan personil polisi. Sebagian polisi lainnya mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan. 


Sejumlah tuntutan pendemo, yakni penuntasan Kasus Munir, pencopotan Kapolres Maluku tengah, AKBP Rosita Umasugi dalam kasus penembakan aparat terhadap masyarakat Tamilouw, cabut omnibus law, dan wujud keadilan dan pendidikan yang layak bagi rakyat. 


Dalam aksi mereka, sejumlah orator bergantian menyampaikan orasinya. Para orator dari berbagai elemen mahasiswa ini menuntut keadilan dari sejumlah pelanggaran HAM di Indonesia. Mahasiswa juga membakar ban, sehingga membuat udara tercemar. 


Aksi mahasiswa ditengah mendung itu justeru dimanfaatkan sejumlah pedagang minuman dan makanan menjajakan jualannya. Tidak sedikit dari mahasiswa dan personil polisi yang berbelanja. 


"Nyamanna punna demo allo-allo. Jai pembeli," kata Sirra, pedagang bakso. 


Sampai berita ini diterbitkan, kondisi jalan di Jalan Pettarani dan Urip Sumoharjo berjalan lancar tanpa hambatan. 

Previous Post Next Post