Luwu Timur Diguncang Gempabumi 4.8 SR, Dua Kali Gempa Susulan




Jumat 18 Februari 2022/ 08:08 WITA

Oleh: Andi Makkasau

Luwu Timur, Sulsel - Gempabumi berkekuatan 4.8 SR mengguncang Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan subuh tadi. Hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Makassar menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4.8 SR.
Gempabumi ini terletak pada koordinat 2.38 LS dan 120.89 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 38 Km barat laut Luwu Timur - Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km.

Awaluddin Wahab, warga di Malili mengatakan gempabumi ini cukup terasa getarannya. Namun tidak menimbulkan kerusakan.

"Cukup terasa getarannya beberapa detik," kata Awaluddin Wahab, Jumat (18/2/2022).

BMKG Makassar menjelaskan jenis dan Mekanisme Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano yang berdekatan dengan pusat episenter.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Mangkutana dan Kalaena  III-IV MMI diirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi. Sedangkan di kecamatan  Wotu II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Sementara itu hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo M2.6 dan M1.6.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," kata Irwan Slamet, Kepala BMKG wilayah IV Makassar.


Previous Post Next Post