Warga Malela, Luwu, Tagih Janji Pemerintah Soal Jembatan Gantung

 



Sabtu 21 Mei 2022/ 11:18 WITA


Oleh: Tim HNM, Adi Barapi


Luwu, Sulsel - Warga Desa Malela, Kecamatan Suli, Luwu, Sulawesi Selatan, menagih janji Pemerintah Kabupaten Luwu, terkait perbaikan jembatan penghubung antar desa di wilayah tersebut.


Pada September 2021 tahun lalu, jembatan ini viral karena warga, khususnya anak sekolah, nekat melintasi jembatan gantung yang hanya tersisa dua tali seling. Warga yang nekat melintas, harus bertaruh nyawa, karena lengah sedikit saja akan terjatuh ke dasar sungai yang berarus deras.


"Jembatan kami tinggal puing puingnya saja, dulu waktu viral janji dimana-mana, berkoar akan diperbaiki tapi kenyataannya sampai sekarang tak ada kabar berita kepastiannya," tulis Rustianti, warga Malela, pada sosial media facebook miliknya.


Rustianti menambahkan warga di seberang sungai sudah cukup menderita karena harus melingkar bila mau keluar, belum lagi kadang terpaksa melewati jalan penuh lumpur.


"Itupun kalau bisa ditembus. Kenapa tidak ada perhatian sama sekali dari pemerintah dengan jembatan kami. Anak sekolah jarang masuk sekolah gara-gara tidak ada jalan yang bisa dilalui karena harus berjalan kaki. Apalagi sekarang lagi musim hujan," katanya.


Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Dinas Pekerjaan Umum, sudah berkali-kali menjanjikan akan segera mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jembatan gantung tersebut. 


Warga menyebut, janji pertama akan mulai dikerjakan paling telat bulan Februari 2022, namun janji itu tidak terealisasi. Dinas PU kemudian berjanji lagi akan dikerjakan bulan April 2022, lagi-lagi janjinya tidak ditepati. Sampai hari ini jembatan gantung Malela, tak lagi dilirik pemerintah.


Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Luwu, Ikhsan, mengatakan proyek perbaikan jembatan gantung ini, sudah dianggarkan tahun 2022 untuk tahap II dan sudah berkontrak.


"Informasi dari rekanan sedang dipersiapkan seling dan lantai jembatan. Dinas PU tidak pernah berjanji seperti itu, intinya kami sudah proses untuk pelaksanaan pekerjaan," kata Ikhsan, Kepala Dinas PU Luwu.



Saat jembatan ini viral, sejumlah pejabat dari Pemkab ramai-ramai mendatangi jembatan tersebut. Mereka yang datang diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Sulaiman, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan, Kepala Dinas PU, Ikhsan dan sejumlah pejabat lainnya. Sayangnya, setelah beberapa bulan berlalu, tak ada lagi kabar rencana perbaikan jembatan tersebut.

Previous Post Next Post