6 Desa di Luwu Terisolir Akibat Longsor, Pemkab Luwu Cuek?

 



Senin 1 Mei 2023/ 12:00 WITA


Oleh: Tim HNM, Marwan

Editor: Adi Barapi

Luwu, hnm.com - Sebanyak enam Desa di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan terisolir akibat longsor. Longsor menutup seluruh badan jalan dan tidak dapat dilintasi kendaraan.

Warga menyebut longsor terjadi sejak empat hari lalu, namun sampai saat ini belum ada kepedulian dari Instansi terkait untuk membantu warga membuka akses jalan yang tertutup material longsor. 

"Kami sudah laporkan ke Instansi terkait di Belopa, tapi sampai hari ini belum ada satupun alat berat yang tiba di lokasi untuk memindahkan material longsor," kata Nuralam, Kepala Desa Pajang, Senin (1/5/2023).

Karena tidak ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten, warga kemudian bergotongroyong membuka jalan yang tertutup longsor. Berbekal peralatan seadanya warga beramai ramai memindahkan bebatuan besar dan lumpur yang menimbun badan jalan.

"Hanya sepeda motor yang bisa lewat, sementara mobil belum bisa melintas. Distribusi kebutuhan pokok dan tabung gas elpiji ke desa desa di Latimojong terhenti," ujarnya.

Tanah longsor di Desa Pajang kerap terjadi. Padahal jalan penghubung antar desa di Kecamatan Latimojong ini sudah diperlebar dan menghabiskan anggaran puluhan miliar rupiah. Di Latimojong juga berdiri perusahaan tambang emas PT Masmindo Dwi Area yang idealnya berpartisipasi pada perbaikan akses jalan warga di wilayah konsesi tambangnya.


Previous Post Next Post