Imbas Pilkades, Rumah Warga yang tidak Mendukung Incumbent Dibongkar

 




Senin 1 Mei 2023/ 12:58 WITA

Oleh: AS Anugrah

Editor: Borang Sitomorong

Kolaka Utara, hnm.com - Rumah salah satu warga di dusun Sila, Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara dibongkar paksa.

Pembongkaran ini sebagai buntut dari pemilihan Kepala Desa Walasiho. Informasi yang dihimpun, rumah warga dibongkar karena tidak mendukung kepala desa petahana, Teli.

"Imbas dari pilkades. Ini rumah warga yang dibongkar karena tidak mendukung kepala desa terpilih," kata salah seorang warga, Senin (1/5/2023).

Warga tadi menyebut pendukung kepala desa terpilih mengklaim lahan yang digunakan warga yang bukan pendukungnya adalah lahan miliknya. Sehingga ketika memenangkan pilkades, mengusir warga tadi pindah dari lokasi tersebut.

"Yang bongkar itu pendukungnya kades terpilih," ujarnya.

Rafael Lesuhu, seorang praktisi menilai tindakan para pendukung ini, mencerminkan sikap politik yang kekanak kanakan. Apalagi kata dia, pembongkaran ini dilakukan oleh pendukung kepala desa terpilih.

"Sangat disayangkan jika pembongkaran rumah ini benar dilakukan oleh pendukung kepala desa petahana yang terpilih. Ini menunjukan sikap politik kita yang belum dewasa," kata Rafael.

Idealnya kata dia, berbeda dalam hal politik itu wajar dan jangan sampai memutus silaturahim. Rafael kemudian meminta Kepala desa terpilih untuk merangkul semua warganya tanpa melihat perbedaan.

Pemilihan Kepala Desa Walasiho berlangsung Minggu 30 April kemarin. Teli, incumbent kepala desa kembali terpilih dalam pemilihan tersebut. 


Previous Post Next Post