Basmin Mattayang Paparkan Capaiannya Selama Pimpin Luwu di Rapat Paripurna Hari Jadi Belopa

 



Selasa 13 Februari 2024


Luwu,hnmindonesia.com | Peringatan hari jadi ke – 18 tahun Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu tahun 2024 diselenggarakan dengan sederhana dan penuh hikmat dalam sebuah Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Luwu.



Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Luwu, Selasa (13/02/2024) 


kegiatan tersebut dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Luwu, Forkopimda, dan Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu.



Bupati Luwu dalam sambutannya memaparkan ragam capaiannya selama 5 tahun memimpin Kabupaten Luwu dari berbagai sektor.



“Data BPS tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Luwu sebesar sebesar 5,69%. PDRB harga berlaku sebesar 17,83 triliun, artinya setiap orang berpenghasilan 48 juta/pertahun. Laju pertumbuhan PDRB 6,03% yang tahun sebelumnya hanya 1,30% akibat pandemi,” papar Basmin.


Di sektor pendidikan, Basmin mengungkapkan berdasarkan data BPS Kabupaten Luwu Tahun 2023, rata-rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Luwu selama 8,73 tahun dengan harapan lama sekolah 13,41 Tahun.



Hal ini turut menunjang peningkatan IPM kabupaten Luwu Tahun 2023 mencapai 72,16 Poin.


“Di sektor kesehatan, angka harapan hidup masyarakat kabupaten Luwu pada tahun 2022 mencapai 70,75 tahun. Telah tersedia Rumah Sakit Daerah Tipe C yang cukup repsentatif dengan predikat akreditasi Tingkat Paripurna yaitu RSUD Batara Guru, serta 13 dari 22 puskesmas merupakan puskesmas rawat inap dengan akreditasi Paripurna,” imbuh Basmin.



Bupati dua periode ini menungkapkan capaian kinerja pemerintah daerah tersebut merupakan hasil kolaborasi yang pentahelix dengan semua pihak baik pemerintah dalam hal ini forkopimda, komunitas masyarakat, badan usaha/swasta, lembaga pendidikan dan media/pers. Peran legislatif sangatlah vital dalam melahirkan peraturan-peraturan daerah, penganggaran (budgeting) dan pengawasan yang mendukung tujuan pembangunan daerah.



“Usia 18 tahun Kota Belopa ini masih sangatlah muda dan belia, ibarat anak yang menuju masa remaja atau istilah saat ini masih usia gen-Z maka usia ini haruslah terus dipacu untuk berkembang menuju kota yang maju, layak huni dan modern berbasis terknologi atau smart city,” tutup Basmin.


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Luwu, Rusli Sunali yang memimpin jalannya Rapat Paripurna tersebut mengungkapkan peringatan tahun ini mengangkat tema “dengan hari jadi Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, kita wujudkan Pemilu damai menuju Kabupaten Luwu yang cemerlang.



“Mari kita gunakan momentum hari jadi Belopa ini untuk menegaskan kembali komitmen kita terhadap demokrasi yang sehat dan Kabupaten Luwu yang cemerlang,” ungkap Rusli Sunali.

Previous Post Next Post